Universitas Semarang

Dosen Ilkom USM Ajak Siswa Siswi SMK Hidayah Berani Bicara

AYANG FITRIANTI, S.S. | 29 October 2019

Semarang – Public Speaking merupakan sebuah kegiatan berbicara menyampaikan pesan (berkomunikasi) di depan umum dan orang banyak. Berbicara di depan umum penting dalam bisnis, pendidikan, dan arena publik. Ada banyak manfaat untuk berbicara di depan umum entah sebagai seorang individu , bisnis, ataupun kegiatan lainnya.

Banyak orang mengatakan mereka tidak suka berbicara di depan umum. Alasannya karena takut, padahal  berbicara di depan umum adalah rasa takut yang sangat umum dan sangat wajar. Untuk alasan ini, banyak orang menghindari berbicara di depan umum jika bisa. Padahal menghindari berbicara di depan umum, sama saja melewatkan kesempatan

Hal ini lah yang mendasari Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) tim dosen Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (Ilkom USM) yang mengangkat tema Peningkatan Kompetensi Public Speaking Bagi Siswa Sekolah Menengah baru-baru ini , Rabu  Kamis 16-17 Oktober 2019.

Dengan menggandeng salah satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Semarang, yaitu SMK Hidayah, tim dosen Ilkom USM yang terdiri dari Ayang Fitrianti SS MIKom, Firdaus Azwar Ersyad S Sn MSn, dan Kharisma Febriana M IKom  melakukan sharing, memberikan tips dan trik, dan juga memberikan kesempatan praktek kepada Siswa Siswi SMK Hidayah terkait materi Public Speaking.

“Hal ini tentunya berangkat dari masalah kita bersama, mungkin tak hanya di SMK Hidayah, tapi banyak juga sekolah-sekolah, bahkan instansi lain yang memiliki masalah terkait berbicara di depan umum atau biasa di sebut Public Speaking.” Kata Ayang selaku Ketua Pengabdian.

“Oleh karena itu kami ingin membekali adik-adik SMK Hidayah terkait Public Speaking, dan harapannya berguna di kemudian hari, mungkin ketika mereka nanti jadi Ketua Osis, atau ketika sudah kuliah, bahkan esok ketika bekerja, ilmu ini bisa mereka pergunakan.” Tambahnya.

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Sekolah SMK Hidayah, Toriq Hasan, S.AgT diikuti oleh 32 siswa kelas X SMK Hidayah.

“Mumpung tak berbayar, karena biasanya jika ada pelatihan semacama ini kita harus membayar narasumbernya, maka kegiatan seperti ini harus kalian manfaatkan sebaik-baiknya, jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan di kupas habis.” Pesan Toriq kepada para siswa siswinya pada saat sambutan.

Selain itu kegiatan ini juga dihadiri oleh Sekertaris Jurusan Ilkom USM yang juga merupakan tim PkM, Firdaus Azwar Ersyad M.Sn.

“Tentunya kami dari USM sangat berterimakasih kepada SMK Hidayah, untuk Pak Toriq , karena telah memberikan kami kesempatan untuk melakukan PkM dan berbagi ilmu kepada adik-adik dari SMK Hidayah.” Kata Firdaus dalam sambutannya

“Semoga apa yang kami berikan bisa bermanfaat untuk sekolah dan adik-adik semua.” Tambahnya.

Dimulai dengan games, adik-adik SMK Hidayah diberi materi yang tak membosankan dan sangat menarik menggunakan metode active learning oleh ketiga Narasumber, yaitu Ayang Fitrianti, Firdaus Azwar Ersyad, danb Kharisma Febriana.

Pada akhir materi, selain tips n trick yang diberikan, tanya jawab, dihari kedua peserta juga diajak untuk melakukan praktek Public Speaking, seperti pidato, ceramah, memandu sebuah acara, dll.

Salah satu peserta ,  Serrin Sela mengaku sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

“Selain dapat ilmu, dapat pengetahuan, acaranya seru banget, menyenangkan dan gak ngebosenin. Jadi kami gak kerasa kayak dapat materi, dan yang pasti kalau berani praktek maju kedepan ada reward yang bisa kami bawa pulang.” Ujarnya.

“Semoga USM sering sering mampir ke sekolah kami dan mengadakan acara seperti ini ya..” tambah Serrin.