Universitas Semarang

USM Semarang Sosialisasikan Sistem Informasi Data Kematian Warga di Daerah Beji Ungaran

AYANG FITRIANTI, S.S. | 05 August 2019

Ungaran - Tim pengabdian masyarakat Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang (FTIK USM) membangun sistem informasi data kematian untuk warga yang diujicobakan kepada masyarakat di daerah Beji, Ungaran Timur, Kabupaten Semarang.

Tim ini beranggotakan dosen FTIK USM di antaramya Febrian Wahyu Christanto, Sri Handayani, dan Victor Gayuh Utomo.

Febrian Wahyu, salah satu pembangun website, menuturkan konten dari sistem informasi tersebut ialah penggunaan sistem informasi data kematian warga.

Menurutnya sistem informasi data kematian warga ini merupakan hasil kerjasama FTIK USM serta Pawarti BSB (Paguyuban Warga Kematian Puri Sela Buana), sebuah organisasi sosial yang memiliki fokus melayani warga berduka, mengelola tempat pemakaman warga, mengelola data kematian warga, serta iuran kematian warga.

Lewat sistem informasi tersebut, ia berharap agar data kematian warga dapat dicatat secara baik dan benar, agar tidak terjadi kesalahan yang tidak diinginkan. Termasuk kesalahan input yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Pribadiono, Ketua Pawarti PSB mengaku mengapresiasi atas bantuan tim pengabdian dari USM.

Menurutnya di zaman yang membutuhkan keterbukaan dan transparasi, perlu sekali suatu terobosan teknologi untuk membantu.(FW)