Universitas Semarang

Hilal Huda, Mahasiswa Difabel USM Antusias Ikuti Pelatihan Soft Skills

AYANG FITRIANTI, S.S. | 15 August 2019

Semarang – Kampus Universitas Semarang (USM) adakan kegiatan pengembangan Soft Skills dalam satu bulan, mulai dari tanggal 1 sampai 23 Agustus 2019. Untuk mempersiapkan mahasiswa dalam memasuki dunia kerja perlu dibekali dengan berbagai kemampuan. Itu yang membuat USM Career and Alumni Center (UCAC) bekerjasama dengan USAID RWAP menggelar Intensive Career Preparation (ICP) yakni pelatihan soft skill bagi para mahasiswa.

Salah satu yang menarik perhatian adalah terdapat satu peserta difabel bernama Hilal Huda, yang tampak antusias dan semangat mengikuti setiap rangkaian acara pelatihan ini. Hilal, mahasiswa program studi S1- Akuntansi mengatakan, bahwa tujuan mengikuti acara ini adalah untuk menambah pengetahuan mengenai soft skills untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja kelak.

Hilal berpendapat pula, pelatihan ini sangat menyenangkan. Pemberian materi yang dikemas secara menarik dan ditengah – tengah terdapat permainan, hal ini juga yang membuat para peserta dengan mudah memahami materi yang disampaikan. “Acara ini seru sekali dan bagus, saya jadi tahu bagaimana, sih, tata cara jika ingin interview. Harus salam, senyum, dan sapa, berpenampilan rapi, itu diajarkan disini” ujar Hilal.

“Tak lupa juga diajarkan bagaimana kita harus bekerja di dalam teamwork,” tambahnya. Berbekal soft skill yang telah dimiliki mahasiswa, setelah lulus diharapkan bisa menciptakan lapangan kerja sendiri, dan tidak menggantungkan pada lapangan kerja yang sangat terbatas.