Universitas Semarang

Tindak Lanjut Kerjasama USM dan USAID

AYANG FITRIANTI, S.S. | 03 August 2019


Semarang – Untuk mempersiapkan mahasiswa dalam memasuki dunia kerja perlu dibekali dengan berbagai kemampuan. Itu yang membuat USM Career and Alumni Center (UCAC) bekerjasama dengan USAID RWAP menggelar Intensive Career Preparation (ICP) yakni pelatihan soft skill bagi para mahasiswa.

“USM sebagai salah satu lembaga pendidikan memberikan bekal kaitannya dengan hard skill, yaitu ilmu pengetahuan. Namun disisi lain kami juga membekali para mahasiswa untuk lebih siap ke depannya dengan soft skill,” ujar Rektor USM Andy Kridasusila SE MM ketika memberi sambutan sekaligus membuka acara ICP.

Fasilitator merupakan trainer dari team UCAC yang sudah melakukan tahap ToT dari USAID. Ada lima materi yang diberikan untuk mahasiswa yang mengikuti pelatihan ini, yaitu leadership, keuangan sehat, teknik membuat CV dan wawancara, pengembangan kepribadian, dan kemampuan berkomunikasi. Ditengah – tengah kegiatan berlangsung, mahasiswa juga diajak bermain game untuk refreshing. Mahasiswa terlihat sangat senang dan antusias mengikuti acara pelatihan ini.

Dini Anggraheni selaku Ketua UCAC mengatakan, para mahasiswa yang sudah mendaftar selanjutnya akan ada sesi tanda tangan kontrak. Hal tersebut untuk mengikat mahasiswa supaya jangan sekedar datang pelatihan, tetapi mereka juga memiliki tanggungjawab moral dan spiritual untuk melewati dua hari pelatihan. Peserta pelatihan akan dibagi menjadi tujuh batch dan tiap batch berisi kurang lebih lima puluh orang. Program ICP diselenggarakan dari tanggal 1 – 23 Agustus 2019, dimana setiap batch mendapatkan pelatihan selama dua hari.

Selain ilmu yang bermanfaat dan mendapatkan teman baru, peserta ICP diberikan fasilitas lain yaitu berupa goodie bag, snack, dan makan siang. Yang unik adalah panitia hanya menyediakan air minum dalam dispenser dan peserta diminta membawa tempat minum sendiri. Hal ini dilakukan tujuannya untuk mengurangi sampah plastik.(DS)