Universitas Semarang

HIMATETA USM Gelar Makrab, Ir Haslina : Bertujuan Menambah Rasa Kekeluargaan

Saiful Hadi | 07 August 2022

SEMARANG - Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknologi Hasil Pertanian (HIMATETA) Universitas Semarang (USM) menggelar acara Malam Keakraban secara offline pada Sabtu-Minggu, 16-17 Juli 2022 di Gedung Fakultas Teknologi Pertanian dan SEAT Official (Stiper Edu Agro Tourism) Bawen.

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Dr Ir Haslina MSi, mengatakan bahwa setelah makrab mahasiswa bisa saling mengenal dan bertambah rasa kekeluargaan satu sama lain.

"Dengan adanya kegiatan makrab ini semoga bisa menjadikan mahasiswa saling mengenal dan bertambah rasa kekeluargaan satu sama lain," ucap Dr Haslina

Acara ini dikuti oleh seluruh mahasiswa angkatan 2020 dan 2021 pagi dan beberapa mahasiswa angkatan 2020 dan 2021 sore Fakultas Teknologi Pertanian.

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk Memperkenalkan Struktural Fakultas Teknologi Pertanian dan Dosen kepada mahasiswa baru, Memper erat tali persaudaraan antar mahasiswa baru dan senior-senior, Menjadi mahasiswa yang peka terhadap lingkungan sekitar. mejalankan salah satu Program kerja HIMATETA Tahun 2021-2022, sebagai ajang promosi Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Universitas Semarang.

Pembicara dalam acara ini ada 3 dosen yang menyampaikan materi lalu ORMA FTP dan ORMA USM yang memperkenalkan tentang ORMA, serta Alumni Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Semarang yang berbagi pengalaman tentang pekerjaan setelah lulus kuliah di FTP Universitas Semarang.

Materi yang disampaikan oleh pembicara 1 atau Anindita Nova Ardhani, S.Psi, M.Psi., pesikologi yaitu membahas tentang Dunia Remaja dan Dewasa. Kemudian acara dilanjutkan dengan penggenalan seputar ORMA FTP oleh BEM FTP serta DEMA FTP, setelah itu mahasiwa mempersiapkan diri untuk perjalanan menuju ke SEAT Official (Stiper Edu Agro Tourism) Bawen mengunakan bus USM. Sesampainya di Bawen para peserta langsung check in kamar/pembagian kamar serta diberi waktu untuk melakukan isoma dari pukul 13.00 – 13.45.

Acara dilanjutkan pada jam 2 siang yang di isi oleh ORMA USM yaitu BEM USM serta DEMA USM menyampaikan tentang tugas serta tanggung jawab masing-masing ORMA.

Kemudian materi ke 2 disampaikan oleh Ir. Dewi Larasati, M.Si membahas tentang tiga materi yaitu Hakekat Mahasiswa, Hak dan Kewajiban Mahasiswa, serta Etika Kehidupan Akademik. Selesai materi ke 2 Pada pukul 16.00 – 16.10 para peserta dipersilahkan untuk Sholat Ashar dan kembali keaula SEAT Official Bawen pada pukul 16.10 – 18.25 untuk melanjutkan acara yaitu penyampaian materi ke 3 oleh Sentot Banyuadji, S.TP yang bembahas tentang Hard skill dan Soft skill yang penting dikuasai oleh para mahasiswa, dan Hakekat Organisasi Kemahasiswaan. Setelah selesesai materi ke 3 seluruh peserta diberikan waktu untuk istirahat, sholat serta makan dari pukul 18.25 – 19.30.

Kemudian acara dilanjutkan pukul 19.30 yang di isi oleh alumni Fakultas Teknologi Pertanian, Alumni menyampaikan tentang suka dan duka berkuliah di FTP serta berbagi pengalaman kerja yang telah dijalani, agar mahasiswa temotivasi untuk terus mengembangkan diri serta semangat dalam berkuliah di Fakultas Teknologi Pertanian.

Acara selanjutnya merupakan acara yang telah dinati-nantikan oleh para peserta yaitu Api Unggun dan pentas seni, pentas seni di laksanakan secara berkelompok sesuai dengan kelompok yang sudah di tetapkan oleh panitia hal ini bertujuan agar semua peserta dapat mengakrabkan diri satu sama lain walaupun berbeda angkatan dan gender. Total ada 10 kelompok yang tampil di pentas seni beberapa kelompok menampilan nyanyian, tarian bahkan ada yang menampilkan seni bela diri silat. Setelah acara api unggun dan pentas seni para peserta kembali kekamar masing-masing untuk beristirahat tidur malam agar tetapi fit dan semangat untuk mengikuti rangkaian acara esok pagi.

Para peserta dibangunkan pukul 04.00 untuk sholat dan berganti pakaian olahraga setelah itu acara dilanjutkan dengan senam pagi dan jalan sehat menuju lapangan. Dilapangan para peserta dipersiapkan untuk mengikuti outbond secara berkelompok sesuai kelompok pentas seni, ada 6 games pada outbond yang bertujuan untuk melatih ke kekompakan, kerja sama, leadership, dan kesabaran. Selesai outbound peserta Bersih diri, packing, makan dan melanjutkan acara yaitu pengumuman pemenang outbound dan tukar hadiah setelah itu acara terakhir adalah Apel dan pelepasan tanda peserta oleh Ir. Dewi Larasati, M.Si dan sesi foto bersama sebagai bukti dokumentasi, kemudian peserta mempersiapkan diri untuk perjalanan kembali ke kembali ke USM atau pulang.