Universitas Semarang

Lustrum Ke-7, Dosen FH USM Ziarah ke Makam Perintis Fakultas Hukum

Saiful Hadi | 04 July 2022

SEMARANG – Dalam rangka Lustrum Ke-7, Fakultas Hukum Universitas Semarang melakukan ziarah ke makam para perintis berdirinya Fakultas Hukum.

Selain ziarah makam juga bersilaturahmi pihak ke keluarganya pada Rabu (29/06).

Kegiatan diikuti sejumlah dosen, tenaga kependidikan, dan beberapa mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Semarang.

Wakil Dekan Fakultas Hukum Universitas Semrang, Dhian Indah Astanti mengatakan, tujuan napak tilas perjuangan para perintis berdirinya Fakultas Hukum untuk mengingat perjuangan mereka.

Dia berharap, perjuangan para pendahulu bisa diteladani generasi penerus untuk membesarkan Fakultas Hukum Universitas Semarang.

”Beliau-beliau ini memiliki andil besar dalam berdirinya Fakultas Hukum ini. Untuk itu kita tidak boleh melupakan jasa-jasa besar mereka,” kata Dhian.

”Kegiatan yang diketuai Dr Sukimin SH MH ini melakukan kunjungan ke makam almarhum R Joko Moeljono SH di Makam Trunojoyo Semarang, dilanjutkan ke makam almarhumah Prof Dr J Kartini Soejendro SH di Makam Keluarga Sleman Yogyakarta, dan terakhir mengunjungi keluarga beliau,” jelasnya.

Dhian menambahkan, Fakultas Hukum berdiri sejak tahun 1994 yang tertuang dalam SK Dirjen DIKTI Depdikbud No 638/Dikti/Kep/1993.

Fakultas Hukum Universitas Semarang diharapkan menjadi salah satu pusat pendidikan di bidang ilmu hukum dengan mengutamakan kompetensi dan kemahiran di bidang hukum korporasi (corporate law), baik menyangkut aspek litigasi maupun nonlitigasi yang diorientasikan kepada pembangunan demokrasi dan penghormatan terhadap Hak Asasi Manusia.