Universitas Semarang

Tim PkM Mahasiswa USM Beri Pelatihan bagi Pelaku UMKM Kebunbatur Mranggen

Saiful Hadi | 05 July 2022

MRANGGEN - Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM) memberikan Pelatihan Pemanfaatan Instagram dalam meningkatkan penjualan bagi pelaku UMKM Kebunbatur Mranggen Demak, pada Minggu (3/7).

Ketua Tim PkM, Amalia Citra mengatakan, tujuan kegiatan untuk memberikan pemahaman tentang media digital Instagram yang dapat difungsikan sebagai media promosi para pelaku UMKM Kebunbatur Mranggen, Demak.

”Perkembangan media saat ini tentunya dapat dimanfaatkan tidak sebagai media eksistensi diri saja, namun dengan menggunakan media sosial tentunya bisa dapat dimanfaatkan untuk pengenalan produk UMKM agar produk lokal dapat diakses oleh khalayak luas,” jelasnya.

Dosen pendamping, Firdaus Azwar Ersyad mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan implementasi materi kuliah dimana mahasiswa belajar terjun ke masyarakat untuk mengabdi dan memberikan pelayanan edukasi untuk kemajuan sosial.

Koordinator UMKM Kebunbatur, Sofia mengatakan, kegiatan pengabdian masyarakat ini sangat membantu para pelaku UMKM agar bisa belajar go digital.

Mereka menjadi faham untuk memanfaatkan berbagai alat pemasaran guna menunjang penjualan melalui media online.
Salah satu peserta, Novi menyatakan, sangat tertarik dengan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa USM.

Menurutnya, disamping menambah pengetahuan pembuatan instagram, dia juga dapat membaut konten sederhana dalam memarsakan produk melalui media sosial.