Universitas Semarang

USM Juara 3 Nasional Kontes Robot Indonesia

Saiful Hadi | 04 July 2022

SEMARANG -Tim Universitas Semarang Robot Soccer (Useros) Universitas Semarang (USM) berhasil meraih juara 3 tingkat nasional dalam ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) 2022 ketegori Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Beroda (KRSBI-B) yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya di Graha ITS pada 29 Juni-3 Juli 2022.

Tim Useros yang diperkuat Yehezkiel Stiffianus, Muhammad Iqbal Hakim, Farid Alfian Maulana, Muhammad Abdul Hakim Hafidh dan Esti Lestari bersaing dengan 21 tim seluruh Indonesia, dengan pembimbing La Ode Muhammad Idris ST MT.

Pertandingan awal berhadapan dengan tim KRSBI-B Universitas Negeri Surabaya berakhir seri. Hingga akhirnya berhasil menjadi juara grup.

Di pertandingan selanjutnya, melawan Politeknik Negeri Malang, Tim Useros berhasil menang telak 7-0. Pada babak 16 besar berhadapan dengan Universitas Kristen Krida Wacana berhasil menang 4-0.

Di babak delapan besar, tim Useros berhadapan dengan Tim Unesa dan berhasil menang dengan skor 2-1. Pada Babak semifinal tim Useros bertemu dengan tim tangguh dari Pens, yang merupakan langganan juara nasional dan kalah dengan skor 2-1.

Pada perebutan juara tiga, tim Useros berhasil mengalahkan Tim KRSBI-B Universitas Brawijaya Malang.

Pembimbing Tim Useros USM, La Ode Muhammad Idris ST MT mengatakan, Kontes Robot Sepak Bola Beroda Indonesia diadakan untuk meningkatkan keilmuan dan kreativitas mahasiswa di bidang robotika, termasuk bagi TIM Robot USM.

”Tim KRSBI-B telah melakukan riset beberapa bulan, dengan keterbatasan waktu dan tempat tim sehingga dapat mengatasi berbagai permasalahan,” ujar La Ode.

Di kontes ini, mahasiswa dituntut untuk bisa mengembangkan kemampuan dalam mekanika, manufaktur, elektronika, pemograman, articial intelligent, image processing, komunikasi digital, dan strategi. Selain itu juga diperlukan pengembangan ke arah disiplin, toleransi, sportifitas, kerja sama, saling menghargai, control emosi dan kemampuan soft skill lain.

La Ode menambahkan, Kontes Robot Sepak Bola Beroda Indonesia diselenggarakan berdasarkan aturan yang dilakukan di RoboCup Middle Size League (MSL), dengan menyesuaikan kondisi di Indonesia, misalnya pada ukuran lapangan.

Aturan RoboCup MSL dibuat dengan memodifikasi aturan FIFA untuk sepakbola manusia.

”Dengan segala keterbatasan, akhirnya disepakati KRSBI Beroda tahun 2022 telah dilaksanan. Seperti tahun-tahun sebelumnya, akan ada dua tahap petandingan, yaitu pertandingan wilayah dan pertandingan nasional,” ungkap pembimbing Tim Robot USM.

Wakil Rektor III USM Dr Muhammad Junaidi SHI MH mengapresiasi atas pencapaian yang diraih oleh mahasiswa Teknik Elektro yang tergabung dalam tim robot USM.

Dia berharap, tahun depan prestasi tim robot bisa lebih baik hingga menjadi juara I.

”Terima kasih kepada seluruh Tim Robot USM yang telah berkerja keras dalam kontes ini hingga berhasil meraih juara III KRSBI-B Tingkat nasional. Keberhasilan ini telah menambah catatan bagi USM sebagai kampusnya para juara,” tutur Junaidi.

Dekan Fakultas Teknik (FT) Universitas Semarang Dr Purwanto ST MT mengaku bangga, dan memberikan apresiasi yang sangat luar biasa atas capaian mahasiswa yang mengikuti Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Beroda (KRSBI-B).

"Yang kita harapkan dari ketiga tim dapat menjadi juara, namun kita untuk masuk di babak tiga besar merupakan capaian yang luar biasa bagi mahasiswa. Karena bukan suatu hal yang mudah untuk mencapai raihan tersebut," tandas Purwanto.

Menurut Purwanto, hal ini juga dapat memacu semangat mahasiswa untuk kedepan agar bisa lebih baik. Serta, ia menambahkan agar tidak patah semangat untuk terus belajar lebih baik. Karena kegiatan ini diadakan setiap disetiap tahunnya, dan berharap agar bisa menjadi juara dipertandingan kedepan.