Universitas Semarang

Workshop Metodologi Penelitian di USM, Dr Lilik: Kunci Melakukan Penelitian di Literature Review

Saiful Hadi | 16 August 2022

SEMARANG – Kunci melakukan penelitian berada di literature review. Sebab, penelitian yang baik adalah yang jelas dan baik serta publikasi yang jelas noveltynya.

Hal itu diungkapkan dosen Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) Dr Lilik Wahyudi SE MSi saat menjadi narasumber pada Workshop Metodologi Penelitian yang digelar oleh Program Pascasarjana Universitas Semarang (USM) pada Sabtu (14/8).

Kegiatan yang dilakukan secara daring itu dimoderatori Dr Yuli Budiati SE MSi.

”Tujuan dari literature review adalah untuk mendapatkan landasan teori yang bisa mendukung pemecahan masalah yang sedang diteliti. Teori yang didapatkan merupakan langkah awal agar peneliti dapat lebih memahami permasalahan yang sedang diteliti dengan benar sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah,” katanya.

Sementara itu Direktur Pascasarjana Universitas Semarang (USM) Dr Indarto SE MSi dalam sambutannya mengatakan, pengembangan kolaborasi dengan menggunakan systematis literature review berbasis Watase UAKE dapat membantu, membuat serta publikasi sebuah penelitian yang baik dan berkualitas.

”Wasate UAKE merupakan sistem online yang dirancang untuk melakukan kolaborasi penelitian antarpenelitian yang dirintis sejak 2018,” ujar Indarto.

Dia mengatakan, melakukan penelitian merupakan sebuah kewajiban, serta dituntut untuk mendesain penelitian yang baik, berkualitas, benar dan bermanfaat.

“Kami berharap, dari workshop ini peserta dapat mengetahui bagaimana cara mendesain sebuah penelitian melalui kolaborasi dengan menggunakan systematis literatur review berbasis Watase UAKE,” ungkapnya.

Menurutnya, membangun penelitian dengan basis systematis literature review dapat melakukan pemetaan pada satu tema jurnal tertentu, dan dapat mengkaji secara mendalam sekaligus dapat menentukan novelty dari penelitian yang telah dibuat.

“Membangun penelitian yang baik dapat dimulai dari dua hal, yaitu berdasarkan imajinasi sosial dan imajinasi teori,” imbuhnya.

Imajinasi teori,katanya, dilakukan berdasarkan penelusuran terhadap literatur untuk dikembangkan menjadi suatu desain penelitian yang mengandung kebaruan serta bermanfaat.

Salah satu output dari penelitian adalah publikasi di jurnal yang bereputasi nasional maupun internasional.

”Hal ini juga sangat penting khususnya bagi mahasiswa untuk membuat penelitian yang bagus dan berkualitas,” tandasnya.